Ketombe

KETOMBE

Ditandai dengan adanya sel-sel mati berkelompok yang menutupi kulit kepala. Pada proses normal, kulit kepala melepaskan sel-sel kulit mati paling atas dalam bentuk sisik. Penanggalan yang berlebihan dari sisik yang normal disebut ketombe. Serpihan kulit mati berwarna putih tersebut akan tampak jelas pada baju berwarna gelap.

Penyebab

Kurangnya kebersihan rambut dan kulit kepala atau adanya infeksi jamur, Selain itu, Kulit berminyak. Banyak orang percaya bahwa ketombe disebabkan oleh kulit kepala kering. Namun, ketombe juga dijumpai pada kulit kepala berminyak. Lapisan minyak yang berlebihan pada kulit kepala dapat mengering, menebal dan menjadi serpihan dalam bentuk ketombe.

  • Keringat. Jika Anda berolahraga secara teratur, Anda berkeringat lebih banyak, yang juga bisa menyebabkan ketombe terutama jika Anda tidak berkeramas sesering yang seharusnya.
  • Jamur. Bentuk tertentu dari ketombe juga diyakini disebabkan oleh jamur pada kulit kepala seperti Pitysporum ovale yang mengiritasi dan memicu sekresi sel kulit kepala yang abnormal sehingga mudah mengelupas. Karena jamur ini tidak dapat dihilangkan sepenuhnya maka ketombe juga tidak dapat dibasmi habis, hanya bisa dikontrol.

Faktor lainnya termasuk: cuaca dingin, penggunaan semprotan dan minyak rambut, sampo yang tidak sesuai,  bilasan sampo yang kurang bersih, jarang mencuci rambut, diet, stress dan gangguan hormon. peradangan kulit kepala dan dermatitis seboroik meningkatkan terbentuknya sisik atau ketombe.

Pencegahan dan perawatan

Cuci rambut dengan teratur dengan sampo yang sesuai, pijat perlahan untuk merontokkan kulit yang bersisik dan biarkan 5 menit sebelum dibilas dan tambahkan Tanaman Obat berikut ini

Pengobatan menggunakan Tanaman Obat:

-          Pemakaian luar tanaman obat 1 : 2- buah mengkudu matang dicuci bersih lalu parut, tambahkan sedikit air dan gunakan untuk mencuci rambut sambil dipijat perlahan dan bilas sampai bersih.

Lakukan  kali seminggu hingga rsa gatal dan ketombe hilang.

-          Pemakaian luar tanaman obat  2 : daun jarak, ambil daun jarak secukupnya kemudian cuci bersih dan haluskan. Oleskan pada bagian kulit kepala  biarkan selama 30 menit hingga mongering kemudian bilas sampai bersih.

-          Pemakaian luar tanaman obat  3 : 15 lembar daun mimba dicuci bersih dan direbus dengan 400cc air hingga tersisa setengahnya, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci kulit kepala secara merata sambil memijat, biarkan 30 menit lalu keramas cuci sampai bersih dan lakukan secara teratur.

-          Pemakaian luar tanaman obat  4 : 4-5 buah belimbing wuluh, cuci bersih dan haluskan. Oleskan pada kulit kepala dan biarkan 15 menit, lalu keramas seperti biasa.

-           Pemakaian luar tanaman obat  5 ; air perasan nanas dan jeruk nipis/ purut secukupnya. Campur dan aduk rata semua bahan, gosokkan pada kulit kepala yang berketombe, lalu biarkan hingga mongering. Kemudian keramas hingga bersih, lakukan secara teratur.

-          Pemakaian luar tanaman obat  6 ; Santan kelapa + daun pandan, Campur santan dari setengah butir kelapa + daun pandan yang sudah dihaluskan secukupnya. Gunakan campuran ini untuk mencuci rambut setiap lima hari sekali. Bersihkan dengan sampo setiap kali melakukannya.

This entry was posted in Penyakit Ketombe and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>