Obat Herbal Bawang Putih

Kapsul Ekstrak Bawang Putih

Khasiat : Membantu meredakan tekanan darah tinggi, nyeri sakit kepala, dan maag.

Komposisi :
Tiap Kapsul mengandung ekstrak yang setara dengan 2 gram Allium Sativum Bulbus.

Aturan Pakai :
Diminum 3 x sehari 1-2 kapsul

ISI : 60 Kapsul

Harga : Rp.50.000,-

Nama Lokal :
NAMA DAERAH: Bawang abang mirah (Aceh); Pia (Batak); Bawang abang (Palembang); Bawang sirah, Barambang sirah, Dasun merah (Minangkabau); Bawang suluh (Lampung); Bawang beureum (Sunda); Brambang, Brambang abang (Jawa); Bhabang mera (Madura); Jasun bang, Jasun mirah (BaIi); Lasuna mahamu, Ransuna mahendeng, Yantuna mopura, Dansuna rundang, Lasuna randang, Lansuna mea, Lansuna Raindang (Sulawesi Utara); Bawangi (Gorontalo); Laisuna pilas, Laisuna mpilas (Roti); Kalpeo meh (Timor); Bowang wulwul (Kai); Kosai miha; Bawa rohiha (Ternate); Bawa kahori (Tidore). NAMA ASING: NAMA SIMPLISIA Cepae Bulbus; Umbi lapis Bawang Merah.

 Khasiat Bawang Putih Tunggal atau Bawang Lanang

Bawang putih telah lama menjadi teman setia mereka yang bergelut di dunia masak-memasak. Tidak banyak yang tahu kalau bumbu masak yang satu ini memiliki beragam khasiat dan kegunaan. Salah satunya, khasiat bawang putih tunggal yang bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Bawang putih ini mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiseptik dan antibakteri. Selain itu, bawang putih tunggal mengandung allicin sebagai antikolesterol. Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang tumbuh dengan satu siung bergelantung di beberapa batang pohonnya, bentuknya bulat dan berwarna putih bersih.

Khasiat dan Kegunaan Bawang Putih Tunggal

  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Kalau sudah begitu, penyakit jantung dan darah tinggi jadi menjauh.
  • Pencegah kanker. Kandungan sulfida dalam bawang putih dapat membantu hati dalam pembentukan senyawa kimia beracun dan senyawa kimia penyebab kanker. Konsumsilah bawang putih secara teratur agar risiko terkena kanker tidak menghinggapi tubuh Anda.
  • Mengobati flu. Rasa dan bau yang khas bawang putih mampu meningkatkan kerja membran mucous yang ada di saluran pernapasan sehingga napas menjadi lega karena lendir telah keluar dari hidung yang mampat.
  • Alat kontrol penderita diabetes. Seperti kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak makan makanan yang manis dan berlemak. Hal ini seringkali membuat mereka mudah lemas dan tidak bersemangat. Bawang putih tunggal yang dimasukkan dalam olahan makanan santapannya mampu meningkatkan stamina sehingga manfaat makanan yang baik bisa didapat.
  • Bagi yang mempunyai sakit maag. Anda bisa memanfaatkan bawang putih tunggal sebagai penahan rasa sakit sebelum maag menyerang. Kupas dan cuci bawang ini, lalu kunyah. Lakukan sehari tiga kali.
  • Selain itu, bisa mengatasi asma, masuk angin, dan batuk. Bawang putih tunggal yang telah dihaluskan dicampur dengan madu dan cairan gula batu. Lalu, disaring dan minum setiap pagi.

 

Manfaat lain bawang lanang adalah selain dapat meningkatkan stamina, mengkonsumsi bawang putih dapat berhasiat sebagai anti infeksi bagi tubuh. Biasanya bawang putih yang bersiung tunggal (bawang lanang) banyak dicari orang untuk jamu.

Tanaman yang tersebar hampir di seluruh kepulauan Indonesia ini secara ilmu pasti bisa dibuktikan khasiatnya. Kandungan kimia yang baik dalam bawang ini tidak hanya terdapat pada daging buahnya, tetapi umbi batangnya. Bawang putih tunggal kini dibuat dalam bentuk kapsul supaya memudahkan konsumen dalam meminum dan mendapat khasiatnya.

Penderita hipertensi bisa menurun tekanan darahnya karena adanya kalsium tinggi. Saltivine dalam bawang bisa membantu manusia dalam proses regenerasi sel. Anda yang khawatir pada anak-anak karena sering bermain dengan tanah dan tempat kotor, kandungan disulfidanya berperan sebagai antibakteri dan anticacingan.

Hati-hati terhadap bau yang ditimbulkan setelah Anda memakannya. Bau tersebut dapat dihilangkan bukan dengan memakan permen, melainkan meminum minuman pekat hangat, seperti teh atau kopi.

Bawang Putih sangat populer di masyarakat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Akan tetapi bawang putih tunggal/bawang lanang (alium sativum linn) mempunyai khasiat 2x lebih hebat daripada bawang biasa.

Kandungan kimia alami Bawang Lanang dan manfaatnya:
Minyak asiri mempunyai kekuatan anti bakteri dan anti septic. Aromanya yang khas disebut zat alisin. Zat alisin didalam tubuh bisa merusak protein kuman, selanjutnya kuman akan mati. Alisin adalah zat anti biotic alami yang ampuh, bahkan kekuatannya 15 x lipat dibanding anti biotic penisilin. Alisin mempunyai spektrum luas, artinya disamping membunuh kuman penyakit juga bisa melicinkan, mencairkan dan memperlancar bekuan darah.

Keluhan hipertensi, kolesterol, migrain, stroke, bisa disembuhkan dengan bawang putih tunggal. Scordinin dalam bawang putih tunggal meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh. Zat saltifine merangsang pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Silenium, enzim anti oksidan yang mencegah dan memperbaiki sel tubuh yang rusak. Sinergi empat zat antara alisin, scordiin, saltifine dan salenium menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan kimia alami lainnya yang terkandung dalam bawang putih per 100 gram pada umumya:

  • Sulfur (68 – 128 gram), Kalori (95,0 – 124 kal), Air (64,1 – 72,0 gram)
  • Lemak (0,2 – 0,3 gram), Protein ( 4,5 – 7,2 gram), Fosfor (16 – 122 gram)
  • Fe (1,4 – 1,7 gram), Karbohidrat (23,4 – 25,8 gram), Kalsium (28 – 46 gram)
  • Kalium (346 – 382 gram), Vitamin (A, B, dan C)

Penyakit yang dapat disembuhkan:
Darah tinggi, kolesterol, jantung, stroke, migran, kanker, flu, kembung, sembelit, sariawan, lemah syahwat, meningkatkan stamina, disentri, tukak lambung, ashma, TBC, broncitis, diabetes mellitus, melicinkan darah, kanker usus, pegal linu, jerawat, sakit gigi, batuk rejan, cacingan, impotensi, infeksi saluran kencing, monilia dan keputihan, wasir/hemoroid, nyeri sendi, menormalkan berat badan, melancarkan pencernaan, memperbaiki syaraf otak, mengurangi rasa sakit saat haid, menghilangkan cairan serosa di dalam rongga perut, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah radang selaput otak belakang.

Cara Mengolah Bawang Lanang:

  • Bawang lanang dikupas kulit terluarnya
  • Kemudian dicuci secukupnya
  • Siapkan botol atau toples yang di dalamnya sudah kita masukan madu.
  • Biarkan minimal 2 minggu. Semakin lama semakin baik karena rasa “getas” bawangnya menjadi hilang

 

This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>